Nabi Muhammad saw berasal dari
kabilah Quraisy, tepatnya keturunan Hasyim. Ayah beliau adalah Abdullah bin
Abdul Muthalib, cucu Hasyim. Ibunda beliau adalah Aminah binti Wahb yang
berasal dari keturunan Bani Zuhrah, salah satu kabilah Quraisy.
Setelah menikah, Abdullah melakukan
pepergian ke Syam. Ketika pulang dari pepergian itu, ia wafat di Madinah dan
dikuburkan di kota itu juga.
Setelah beberapa bulan dari wafatnya
sang ayah berlalu, Nabi pamungkas para nabi lahir di bulan Rabi’ul Awal, tahun
571 Masehi di Makkah, dan dengan kelahirannya itu, dunia menjadi
terang-benderang. Sesuai dengan kebiasaan para bangsawan Makkah, ibundanya
menyerahkan Muhammad kecil kepada Halimah Sa’diyah dari kabilah Bani Sa’d untuk
disusui. Beliau tinggal di rumah Halimah selama empat tahun. Setelah itu, sang
ibu mengambilnya kembali.
Dengan tujuan untuk berkunjung ke
kerabat ayahnya di Madinah, sang ibunda membawanya pergi ke Madinah. Dalam
perjalanan pulang ke Makkah, ibundanya wafat dan dikebumikan di Abwa`, sebuah
daerah yang terletak antara Makkah dan Madinah. Setelah ibunda beliau wafat,
secara bergantian, kakek dan paman beliau, Abdul Muthalib dan Abu Thalib
memelihara beliau. Pada usia dua puluh lima tahun, beliau menikah dengan
Khadijah yang waktu itu sudah berusia empat puluh tahun. Beliau menjalani hidup
bersamanya selama dua puluh lima tahun hingga ia wafat pada usia enam puluh
lima tahun.
Pada usia empat puluh tahun, beliau
diutus menjadi nabi oleh Allah. Ia mewahyukan kepada beliau al-Quran yang
seluruh manusia dan jin tidak mampu untuk menandinginya. Ia menamakan beliau
sebagai pamungkas para nabi dan memujinya karena kemuliaan akhlaknya.
Beliau hidup di dunia ini selama
enam puluh tiga tahun. Menurut pendapat masyhur, beliau wafat pada hari Senin
bulan Shafar 11 Hijriah di Madinah.
Bukti Kenabian Rasulullah saw
Secara global, kenabian seorang nabi
dapat diketahui melalui tiga jalan:
1. Pengakuan sebagai nabi.
2. Kelayakan menjadi nabi.
3. Mukjizat.
Pengakuan Sebagai Nabi
Telah diketahui oleh setiap orang
bahwa Rasulullah saw telah mengaku sebagai nabi di Makkah pada tahun 611 M.,
masa di mana syirik, penyembahan berhala dan api telah menguasai seluruh dunia.
Hingga akhir usia, beliau selalu mengajak umat manusia untuk memeluk agama
Islam, dan sangat banyak sekali di antara mereka yang mengikuti ajakan beliau
itu.
Kelayakan Menjadi Nabi
Maksud asumsi di atas adalah seorang
yang mengaku menjadi nabi harus memiliki akhlak dan seluruh etika yang terpuji,
dari sisi kesempurnaan jiwa harus orang yang paling utama, tinggi dan sempurna,
dan terbebaskan dari segala karakterisitik yang tidak terpuji. Semua itu telah
dimiliki oleh Rasulullah saw. Musuh dan teman memuji beliau karena akhlaknya,
memberitakan sifat-sifat sempurna dan kelakuan terpujinya dan membebaskannya
dari setiap karakterisitik yang buruk.
Kesimpulannya, akhlak beliau yang
mulia, tata krama beliau yang terpuji, perubahan dan revolusi yang beliau
cetuskan di seanterao dunia, khususnya di Hijaz dan jazirah Arab, dan
sabda-sabda beliau yang mulia berkenaan dengan tauhid, sifat-sifat Allah, hukum
halal dan haram, serta nasihat-nasihat beliau telah membuktikan kelayakan
beliau untuk menduduki kursi kenabian, dan setiap orang yang insaf tidak akan
meragukan semua itu.
Mukjizat
Mukjizat dapat disimpulkan dalam
lima hal:
1. Mukjizat akhlak.
2. Mukjizat ilmiah.
3. Mukjizat amaliah.
4. Mukjizat maknawiyah.
5. Mukjizat keturunan.
Mukjizat Akhlak
Sejak masa muda, Nabi Muhammad saw
telah dikenal dengan kejujuran, amanat, kesabaran, ketegaran, dan kedermawanan.
Dalam kesabaran dan kerendahan diri beliau tidak memiliki sekutu dan dalam
kemanisan etika beliau tak tertandingi. “Sesungguhnya engkau berada di puncak
akhlak yang agung.” Dalam memaafkan, beliau tak ada taranya. Ketika mendapatkan
gangguan dan cemoohan masyarakatnya, beliau hanya berkata اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِقَوْمِيْ فَإِنَّهُمْ لاَ يَعْلَمُوْنَ “Ya Allah, ampunilah kaumku, karena mereka
tidak mengetahui.”Beliau selalu mengharapkan kebaikan seluruh umat manusia,
penyayang dan belas-kasih terhadap mereka. “Ia belas-kasih dan pengasih
terhadap Mukminin.”
Beliau tidak pernah menyembunyikan
keceriaan wajah terhadap para sahabat dan selalu mencari berita tentang kondisi
mereka. Beliau selalu memberikan tempat khusus kepada orang-orang baik di sisi
beliau. Orang yang paling utama di sisi beliau adalah orang yang dikenal dengan
kebajikanya terhadap Muslimin dan orang yang termulia adalah orang yang lebih
bertindak toleran dan tolong-menolong terhadap umat Islam. Beliau tida pernah
duduk dan bangun (dari duduk) kecuali dengan menyebut nama Allah dan
mayoritasnya, beliau duduk menghadap ke arah Kiblat. Beliau tidak pernah
menentukan tempat duduk khusus bagi dirinya. Beliau memperlakukan masyarakat
sedemikian rupa sehingga mereka merasa dirinya adalah orang termulia di sisi
beliau. Beliau tidak banyak berbiacara dan tidak pernah memotong pembicaraan
seseorang kecuali ia berbicara kebatilan.
Beliau tidak pernah mencela dan
mencerca seseorang. Beliau tidak pernah mencari-cari kesalahan orang lain. Budi
pelerti beliau yang menyeluruh telah meliputi seluruh umat manusia. Beliau
selalu sabar menghadapi perangai buruk bangsa Arab dan orang-orang yang asing
bagi beliau. Beliau selalu duduk di atas tanah dan duduk bersama orang-orang
miskin serta makan bersama mereka. Dalam makan dan berpakaian, beliau tidak
pernah melebihi rakyat biasa. Setiap berjumpa dengan seseorang, beliau selalu
memulai mengucapkan salam dan berjabat tangan dengannya. Beliau tidak pernah
mengizinkan siapa pun berdiri (untuk menghormati)nya. Beliau selalu menghormati
orang-orang berilmu dan berakhlak mulia. Dibandingkan dengan yang lain, beliau
lebih bijaksana, sabar, adil, berani dan pengasih. Beliau selalu menghormati
orang-orang tua, menyayangi anak-anak kecil dan membantu orang-orang yang
terlantar. Sebisa mungkin, beliau tidak pernah makan sendirian. Ketika beliau
meninggal dunia, beliau tidak meninggalkan sekeping Dinar dan Dirham pun.
Keberanian beliau sangat terkenal
sehingga Imam Ali as pernah berkata: “Ketika perang mulai memanas, kami
berlindung kepada beliau.”
Rasa memaafkan beliau sangat besar.
Ketika berhasil membebaskan Makkah, beliau memegang pintu Ka’bah seraya
bersabda (kepada musyrikin Makkah): “Apa yang kalian katakan dan sangka
sekarang?” Mereka menjawab: “Kami mengatakan dan menyangka kebaikan
(terhadapmu). Engkau adalah seorang pemurah dan putra seorang pemurah. Engkau
telah berhasil berkuasa terhadap kami. Engkau pasti mampu melakukan apa yang
kau inginkan.” Mendengar pengakuan mereka ini, hati beliau tersentuh dan
menangis. Ketika penduduk Makkah melihat kejadian itu, mereka pun turut
menangis. Setelah itu beliau bersabda: “Aku mengatakan seperti apa yang pernah
dikatakan oleh saudaraku Yusuf bahwa ‘Tiada cercaan bagi kalian pada hari ini.
Allah akan mengampuni kalian, dan Ia adalah Lebih Pengasih dari para
pengasih’.” (QS. Yusuf: 92) Beliau memaafkan seluruh kriminalitas dan kejahatan
yang pernah mereka lakukan seraya mengucapkan sabda beliau yang spektakuler:
“Pergilah! Kalian bebas.”
Mukjizat Ilmiah
Dengan merujuk kepada buku-buku yang
memuat sabda, pidato dan nasihat-nasihat beliau secara panjang lebar, mukjizat
ilmiah beliau ini dapat dipahami dengan jelas.
Mukjizat Amaliah
Dapat diakui bahwa seluruh perilaku
beliau dari sejak lahir hingga wafat adalah sebuah mukjizat. Dengan sedikit
merenungkan kondisi dan karakteristik masyarakat Hijaz, khususnya masyarakat
kala itu, kemukjizatan seluruh perilaku beliau akan jelas bagi kita. Beliau bak
sebuah bunga yang tumbuh di ladang duri. Beliau tidak hanya tidak terpengaruh
oleh karakteristik duri-duri itu, bahkan beliau berhasil merubahnya. Beliau
tidak hanya terpengaruh oleh kondisi kehidupan masyarakat kala itu, bahkan
beliau berhasil mempengaruhi gaya hidup mereka.
Dalam kurun waktu dua puluh tiga
tahun, beliau telah berhasil melakukan empat pekerjaan besar dan fundamental
meskipun banyak aral melintang dan problema yang melilit. Masing-masing
pekerjaan itu dalam kondisi normal semestinya memerlukan usaha bertahun-tahun
untuk dapat tegak berdiri sepanjang masa. Keempat pekerjaan besar itu adalah
sebagai berikut:
Pertama, berbeda dengan agama-agama
yang sedang berlaku pada masa beliau, beliau mendirikan sebuah agama baru yang
bersifat Ilahi. Beliau telah berhasil menciptakan banyak orang beriman kepada
agama tersebut sehingga sampai sekarang pun pengaruh spiritual beliau masih
kuat tertanam di dalam lubuk hati ratusan juta pengikutnya. Menjadikan
seseorang taat adalah sebuah pekerjaan yang mudah. Akan tetapi, menundukkan
hati masyarakat, itu pun sebuah masyarakat fanatis dan bodoh tanpa syarat dan
menjadikan mereka taat dari lubuk hati bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah.
Kedua, dari kabilah-kabilah
berpecah-belah yang selalu saling bermusuhan dan memiliki hobi berperang,
beliau berhasil sebuah umat yang satu dan menjalin persaudaraan, persamaan,
kebebasan dan kesatun kalimat dalam arti yang sebenarnya di antara mereka.
Setelah beberapa tahun berlalu, beliau berhasil membentuk sebuah umat yang
bernama umat Muhammad saw. Hingga sekarang umat ini masih eksis dan terus
bertambah.
Ketiga, di tengah-tengah kabilah
yang berpecah-belah, masing-masing memiliki seorang pemimpin, biasa melakukan
pekerjaan secara tersendiri dan tidak pernah memiliki sebuah pemerintahan yang
terpusat itu, beliau berhasil membentuk sebuah pemerintahan yang berlandaskan
kepada kebebasan dan kemerdekaan yang sempurna. Dari sisi kekuatan dan
kemampuan, pemerintahan ini pernah menjadi satu-satunya pemerintahan mutlak di
dunia setelah satu abad berlalu.
Beliau pernah menulis enam surat
dalam satu hari kepada para raja penguasa masa itu dan mengajak mereka untuk
memeluk Islam, raja-raja yang menganggap diri mereka berada di puncak kekuatan
dan meremehkan kaum Arab.
Ketika surat beliau sampai ke tangan
raja Iran dan melihat nama beliau disebutkan di atas namanya, ia marah seraya
memerintahkan para suruhannya untuk pergi ke Madinah dan membawa Muhammad ke
hadapannya.
Ya! Para raja itu berpikir bahwa
bangsa Arab adalah sebuah bangsa yang tidak akan menunjukkan reaksi apa pun di
hadapan pasukan kecil seperti bala tentara Habasyah. Bahkan, mereka akan lari
tunggang-langgang meninggalkan Makkah dan kehidupan mereka, serta berlindung ke
gunung-gunung. Mereka tidak dapat memahami bahwa bangsa Arab telah memiliki
seorang pemimpin Ilahi dan mereka bukanlah bangsa Arab yang dulu lagi.
Keempat, dalam kurun waktu dua puluh
tiga tahun, beliau telah menetapkan dan menunjukkan sederetan undang-undang
yang mencakup seluruh kebutuhan umat manusia. Undang-undang ini akan tetap
kekal hingga hari Kiamat, dan mempraktikkannya dapat mendatangkan kebahagiaan
umat manusia. Undang-undang ini tidak akan pernah layu. “Kehalalan Muhammad
adalah halal selamanya hingga hari Kiamat dan keharamannya adalah haram
selamanya hingga hari Kiamat.”[1] Undang-undang ini akan selamanya hidup kekal.
Di hauzah-hauzah ilmiah selalu dibahas dan didiskusikan oleh para fuqaha besar
dalam sebuah obyek pembahasan fiqih, Furu’uddin dan kewajiban amaliah.
Mukjizat Ma’nawiyah
Mukjizat abadi beliau adalah
al-Quran yang telah turun kepada beliau dalam kurun waktu dua puluh tiga tahun,
dan dari sejak saat itu hingga sekarang selalu mendapatkan perhatian dan
penelaahan dari berbagai segi oleh seluruh masyarakat dunia. Kitab ini berhasil
membangkitkan rasa heran para ilmuan dan sepanjang masa masih memiliki
kekokohan dan kedudukannya yang mulia. Kitab ini terselamatkan dari segala
bentuk tahrif, pengurangan dan penambahan. Ratusan tafsir dan buku tentang
hakikat arti dan kosa katanya telah ditulis. Allah telah menjamin
keterjagaannya dalam firman-Nya:
إِنَّا
نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَ إِنَّا لَهُ لَحَافِظُوْنَ
“Kami-lah yang telah menurunkan
al-Quran ini dan Kami pulalah yang akan menjaganya.”
Mukjizat Keturunan
Salah satu mukjizat beliau yang lain
adalah keturunan suci beliau yang terjaga dari dosa. Hanya kedudukan tinggi
kenabianlah yang mampu menghaturkan putri-putri dan para imam ma’shum seperti
ini kepada masyarakat. Seseorang yang sadar dengan memperhatikan ilmu,
kehidupan, ucapan dan perilaku Ahlubait as akan mengakui bahwa setiap dari
mereka, sebagaimana al-Quran, adalah dalil tersendiri atas kenabian Rasulullah
saw. Seandainya tidak ada dalil lain untuk membuktikan kenabian Rasulullah saw
kecuali keberadaan keturunan semacam itu, hal itu sudah mencukupi dan hujjah
sudah sempurna. Pembahasan panjang-lebar tentang masalah ini tidak relevan
untuk kesempatan pendek ini.
KARAKTER DAN KEUTAMAAN RASULLULLAH
SAW
Salah satu karekter rasulullah saw
yang paling menonjol adalah kemenangan tidak menjaga kan dia bangga hal ini
bisa kita lihat diperang badar dan pembebasan kita makkah(fathu makkah) dan
kekalahan tidak membuat dia putus asa dapat kita lihat pristiwa perang uhud
bahkan dengan cekatan is mempersiapkan pasukan baru untuk menghadapi
hamru"ul asad dan pengingkari perjanjian yang dilakukan kaum yahudi bani
quraizah ,dan kewaspadaan beliau,selalu mengedek kekuatan musuh dengan teliti
dan mempersiapkan segalanya.
Dia memperlakukan kaum dan
pengikutnya dengan tujuan mempererat silaturrahmi dan selalu menamamkan rasa
percaya diri dalam mereka is selalu mengasihi anak anak kecil dan mengayomi
mereka.berbuat baik dengan fakir miskin dan terhadap hewan dia selalu
menanamkan rasa kasih sayang dan melarang untuk menyakiti binatang
Salah satu contoh rasa prikemanusian
rasul saw adalah ketika mengutus pasukan untuk berperang dengan musuh dia
selalu berpesan tidak boleh menyerang kaum sipil,dia lebih memilih damai
terhadap musuh dari pada berperang ketika berperang dia berpesan tidak boleh
membunuh lanjut usia anak kecil perempuan dan mengniaya musuh yang sudah tidak
berdaya
Ketika kaum quraisi minta suaka
politik kepadanya ia tidak memberlakukan baikot ekonomi bahkan ia menyepakati
import gandum dari yaman
Ia juga menyerukan realisasikan
sebuah perdamaian dunia dan melarang peperanga kecuali hal yang darurat
USAHA RASUL SAW DALAM MEMBENTUK
MASYARAKAT &BERPRIKEMANUSIAN
Kedatangan rasul adalah sebuah
rahmat bagi manusia semuanya is tidak pernah membedakan seseorang pun baik itu
kulit putih atau kulit hitam dan dari suku bangsa mana,karma semua manusia itu
makan dari rizki allah yang diberikan allah
Rasul saw mengajak manusia untuk
1:meningkatkan harkat martabat
manusia ia bersabda semua manusia berasil dari adam dan ia berasal dari tanah
2: mengajak damai sebelum perang
3: memaafkan sebelom membalas
4: mempermudah seseorang sebelom
membalas perbuatan
dari uraian diatas dapat kita simpulkan
bahwa peperangan yang dilaksanakan bertujuan untuk merealisasikan tujuan tujuan
insani yang agung dan menuju kepada tatanan masyarakat yang berprikemanusian
ia telah membuktikan bahwa dirinya
adalah sebuah rahmat bagi manusia dan alam semesta peristiwa itu bisa dilihat
dari pembebasan kota makkah dangan segala kemenangan yang telah digapai saat
itu ia tetap berbuat baik dengan musuh dan enggan untuk membalas dendam padahal
ia dapat melaksanakan ia pernah memaafkan mereka dengan sabda"pergilah kalian
karma kalian sekarang sudah bebas pada waktu perang dzatur riqa dia berasil
menangkap pemimpin gauts bin al harits yang berusaha beberapa kali membunuh
beliau akan tetapi tetap dimaafkan
rasul memperlakukan tawanan perang
dengan baik ,ia telah membebaskan seorang tawanan perang dengan tangan dia
sendiri disaat ia mendengar keluhan rasa sakit tangannya diikat.
RASUL SEBAGAI PANGLIMA PERANG
Kita bisa lihat keberasilan beliau
dalam memenangkan peperangan dan menciptakan perdamaian dan mengujudkan manusia
yang berakhlak dan memimpin pasukan dengan gagah berani
TATA KRAMA BERGAUL
Beliau tidak pernah sombong dalam
pergaulan selalu tersenyum berbuat baik sesame manusia selalu menyenguk orang
sakit tidak pernah memotong pembicaraan lawan tidak pernah mengangap dirinya
mulia dari teman yang diajak bicara.Masih banyak lagi sipat2 rasul yang kita
bisa dapat teladani.. mudah2an kita bisa dapat meniru akhlak rasulullah
amin....
Detik-detik Sakaratul Maut
Rasulullah SAW
Inilah bukti cinta yang sebenar-benarnya
tentang cinta, yang telah dicontohkan Allah SWT melalui kehidupan Rasul-Nya.
Pagi itu, meski langit mulai
menguning di ufuk timur, burung-burung gurun enggan mengepakkan sayapnya.
Rasulullah dengan suara lemah memberikan kutbah terakhirnya, “Wahai umatku,
kita semua ada dalam kekuasaan Allah dan cinta kasih-Nya. Maka taati dan
bertakwalah kepada-Nya. Kuwariskan dua perkara pada kalian, al-Qur’an dan
sunnahku. Barang siapa mencintai sunnahku, bererti mencintai aku dan kelak
orang-orang yang mencintaiku, akan masuk syurga bersama-sama aku.”
Khutbah singkat itu diakhiri dengan
pandangan mata Rasul yang tenang menatap sahabatnya satu persatu. Abu Bakar
menatap mata itu dengan berkaca-kaca, Umar dadanya naik turun menahan nafas dan
tangisnya. Usman menghela nafas panjang dan Ali menundukkan kepalanya
dalam-dalam. “Isyarat itu telah datang, saatnya sudah tiba. Rasulullah akan
meninggalkan kita semua,” keluh hati semua sahabat kala itu.
Manusia tercinta itu, hampir selesai
menunaikan tugasnya di dunia. Tanda-tanda itu semakin kuat, tatkala Ali dan
Fadhal dengan cergas menangkap Rasulullah yang berkeadaan lemah dan goyah
ketika turun dari mimbar. Di saat itu, kalau mampu, seluruh sahabat yang hadir
di sana pasti akan menahan detik-detik berlalu. Matahari kian tinggi, tapi
pintu rumah Rasulullah masih tertutup. Sedang di dalamnya, Rasulullah sedang
terbaring lemah dengan keningnya yang berkeringat dan membasahi pelepah kurma
yang menjadi alas tidurnya.
Tiba-tiba dari luar pintu terdengar
seorang yang berseru mengucapkan salam.
“Bolehkah saya masuk?” tanyanya.
Tapi Fatimah tidak mengizinkannya masuk.
“Maafkanlah, ayahku sedang demam,”
kata Fatimah yang membalikkan badan dan menutup pintu.
Kemudian ia kembali menemani ayahnya
yang ternyata sudah membuka mata dan bertanya pada Fatimah.
“Siapakah itu wahai anakku?”
“Tak tahulah ayahku, orang
sepertinya baru sekali ini aku melihatnya,” tutur Fatimah lembut.
Lalu, Rasulullah menatap puterinya
itu dengan pandangan yang menggetarkan. Seolah-olah bahagian demi bahagian
wajah anaknya itu hendak dikenang.
“Ketahuilah, dialah yang
menghapuskan kenikmatan sementara, dialah yang memisahkan pertemuan di dunia.
Dialah malakul maut,” kata Rasulullah.
Fatimah menahan ledakkan tangisnya.
Malaikat maut telah datang
menghampiri. Rasulullah pun menanyakan kenapa Jibril tidak menyertainya.
Kemudian dipanggilah Jibril yang sebelumnya sudah bersiap di atas langit dunia
menyambut ruh kekasih Allah dan penghulu dunia ini.
“Jibril, jelaskan apa hakku nanti di
hadapan Allah?” tanya Rasululllah dengan suara yang amat lemah.
“Pintu-pintu langit telah terbuka,
para malaikat telah menanti ruhmu. Semua syurga terbuka lebar menanti
kedatanganmu,” kata Jibril.
Tapi, semua penjelasan Jibril itu
tidak membuat Rasul lega, matanya masih penuh kecemasan dan tanda tanya.
“Engkau tidak senang mendengar kabar
ini?” tanya Jibril lagi.
“Kabarkan kepadaku bagaimana nasib
umatku kelak, sepeninggalanku?”
“Jangan khawatir, wahai Rasul Allah,
aku pernah mendengar Allah berfirman kepadaku: ‘Kuharamkan syurga bagi siapa
saja, kecuali umat Muhammad telah berada di dalamnya,” kata Jibril meyakinkan.
Detik-detik kian dekat, saatnya
Izrail melakukan tugas. Perlahan-lahan ruh Rasulullah ditarik. Nampak seluruh
tubuh Rasulullah bersimbah peluh, urat-urat lehernya menegang.
“Jibril, betapa sakitnya, sakaratul
maut ini.” Perlahan terdengar desisan suara Rasulullah mengaduh.
Fatimah hanya mampu memejamkan
matanya. Sementara Ali yang duduk di sampingnya hanya menundukan kepalanya
semakin dalam. Jibril pun memalingkan muka.
“Jijikkah engkau melihatku, hingga
engkau palingkan wajahmu Jibril?” tanya Rasulullah pada Malaikat pengantar
wahyu itu.
“Siapakah yang sanggup, melihat
kekasih Allah direnggut ajal,” kata Jibril sambil terus berpaling.
Sedetik kemudian terdengar
Rasulullah memekik kerana sakit yang tidak tertahankan lagi.
“Ya Allah, dahsyat sekali maut ini,
timpakan saja semua siksa maut ini kepadaku, jangan pada umatku,” pinta Rasul
pada Allah.
Badan Rasulullah mulai dingin, kaki
dan dadanya sudah tidak bergerak lagi. Bibirnya bergetar seakan hendak
membisikkan sesuatu. Ali pun segera mendekatkan telinganya.
“Uushiikum bis shalati, wa maa
malakat aimanuku, peliharalah shalat dan peliharalah orang-orang lemah di
antaramu.”
Di luar pintu tangis mulai terdengar
bersahutan, sahabat saling berpelukan. Fatimah menutupkan tangan di wajahnya,
dan Ali kembali mendekatkan telinganya ke bibir Rasulullah yang mulai kebiruan.
“Ummatii, ummatii, ummatiii?” Dan,
berakhirlah hidup manusia mulia yang memberi sinaran kemuliaan itu. Kini,
mampukah kita mencintai sepertinya? Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa baarik wa
salim ‘alaihi. Betapa cintanya Rasulullah kepada kita.
Kirimkan kepada sahabat-sahabat
muslim lainnya agar timbul kesadaran untuk mencintai Allah dan RasulNya.
Seperti Allah dan Rasul mencintai kita semua. mudah mudahan kita berusaha untuk
bisa menjadikan nabi muhammad sebagai huswatun hasanah dalam kehidupan kita
amin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar